RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Tema : Wacana Beraksara Jawa
Alokasi Waktu : 6 x 45 (
pertemuan 1-3)
A.
Kompetensi Inti
KI
1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berin- teraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI
3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
3.1. Membaca wacana berakasar jawa
|
3.1.1Menjelaskan pedoman penulisan aksara
jawa gagrag Sriwedaren
3.1.2Mengalihaksarakan wacana beraksara jawa ke
aksara latin
3.1.3Mengidentifikasi dan memaknai kata-kata
sukar dalam wacana beraksara Jawa sesuai dengan konteks.
3.1.4Mengidentifikasikan ajaran moral dari wacana
beraksara Jawa.
|
4.1. Mengarang wacana beraksara Jawa
|
4.1.1
Mengarang wacana dengan menggunakan aksara Jawa
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan pedagoge gendre, saintifik, CLIL dengan model
pembelajaran discovery, Siswa dapat menjelaskan aturan-aturan penulisan aksara
Jawa sesuai dengan pedoman yang berlaku, memahami isi dari wacana beraksara
Jawa serta dapat mengarang wacana beraksara Jawa berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab,
displin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta
pantang menyerah
D. Materi Pembelajaran
1.
Faktual : Aksara Jawa
2.
Konseptual : Wacana beraksara Jawa
3.
Prosedural : Membaca wacana beraksara Jawa, mengalihaksarakan wacana
beraksara Jawa,
4.
Metakognitif : Membaca dan menuliskan wacana beraksara Jawa dengan
memperhatikan intonasi dan tanda baca sesuai dengan kaidah yang benar.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Model : Pembelajaran berbasis penemuan
(Discovery Learning)
Metode : ceramah, diskusi, tanya jawab, pasar
bebas
F. Media, Alat, dan Sumber
Belajar
1.
Media : LCD
2.
Alat dan bahan : Wacana beraksara Jawa
3.
Sumber Belajar :
a.
Hand
Out
b.
Pedoman penulisan Aksara Jawa Sriwedaren
c.
Wacana beraksara Jawa
d.
Tayangan Wacana beraksara Jawa
e.
Poerwadarminta,
W. J. S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia:
J.B. Wolters.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar