Kamis, 24 Mei 2018

RPP K 13 MUATAN LOKAL BAHASA JAWA KELAS X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                Satuan Pendidikan             :     
                Kelas/ Semester                 :     X/1
                Mata Pelajaran                    :     Bahasa Jawa
                Tema                                       :     Wacana Beraksara Jawa
                Alokasi Waktu                      :     6 x 45 ( pertemuan 1-3)

A.      Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berin- teraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.1. Membaca wacana berakasar jawa
3.1.1Menjelaskan pedoman penulisan aksara jawa gagrag Sriwedaren
3.1.2Mengalihaksarakan wacana beraksara jawa ke aksara latin
3.1.3Mengidentifikasi dan memaknai kata-kata sukar dalam wacana beraksara Jawa sesuai dengan konteks.
3.1.4Mengidentifikasikan ajaran moral dari wacana beraksara Jawa.
4.1.  Mengarang wacana beraksara Jawa
4.1.1          Mengarang wacana dengan menggunakan aksara Jawa

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagoge gendre, saintifik, CLIL dengan model pembelajaran discovery, Siswa dapat menjelaskan aturan-aturan penulisan aksara Jawa sesuai dengan pedoman yang berlaku, memahami isi dari wacana beraksara Jawa serta dapat mengarang wacana beraksara Jawa berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang berkembang dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah

D.      Materi Pembelajaran
            1.       Faktual                  : Aksara Jawa
            2.       Konseptual         : Wacana beraksara Jawa
            3.       Prosedural          : Membaca wacana beraksara Jawa, mengalihaksarakan wacana beraksara Jawa, 
            4.       Metakognitif      : Membaca dan menuliskan wacana beraksara Jawa dengan memperhatikan intonasi dan tanda baca sesuai dengan kaidah yang benar.
E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model             : Pembelajaran berbasis penemuan (Discovery Learning)
Metode          : ceramah, diskusi, tanya jawab, pasar bebas

F.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
            1.       Media                   :  LCD
            2.       Alat dan bahan  : Wacana beraksara Jawa
            3.       Sumber Belajar                 :
a.       Hand Out
b.      Pedoman penulisan Aksara Jawa Sriwedaren
c.       Wacana beraksara Jawa
d.      Tayangan Wacana beraksara Jawa
e.      Poerwadarminta, W. J. S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar